Minggu, 30 Juni 2013

SURAT AL KAUTSAR (bagian ke 1)

================== In naa A'thoinaakal Kautsar
Sungguh Kami telah berikan kepadamu Nikmat yang banyak
================== Fasholli Lirobbika Wan har
Maka, Sholatlah dan berkurbanlah untuk Tuhanmu
================== In na syaa ni aka Huwal Abtar
Sungguh, yang membencimu dialah yang terputus
[QS. Al Kautsar :1-3]

1) Ya Allah ! Engkau mengingatkan hamba dengan pemberianMu yang sudah terlalu banyak Kau berikan kepada hamba. Ya Allah ! (dengan merenungkan awal ayat surat ini, hamba mau sedikit komentar) seingat hamba tidak ada orang tua atau guru atau seorang kakak yang berbicara kepada yang diasuhnya dengan perkataan yang seperti ini, perkataan yang menyuruh orang yang diajak bicara untuk mengingat semua pemberian, kecuali yang berbicara sedang marah. Membuka semua file yang berisi semua yang telah diberikan. Ya Allah! apakah Engkau sedang marah kepada hamba saat Engkau memberikan ayat ini kepada hamba.
2) Allah ! nampaknya hamba merasakan,  Engkau sedang menegur hamba yang saat ini tengah menginginkan sesuatu dengan memaksa dan hamba melupakan semua nikmat yang Engkau berikan yang sekarang di tangan hamba.  Seakan Engkau hendak mengatakan kepada hamba : "kamu memaksa Ku untuk mengabulkan permintaanmu saat ini? seakan kamu tidak pernah Aku beri sebelum ini. Dengan kata lain kamu melupakan semua nikmat yang telah ada di tanganmu dan pikiranmu hanya tertuju pada permintaan yang kau berharap sekali Aku akan mengabulkan? Bagaimana kalau apa yang pernah Aku berikan kepadamu Aku ambil kemudian Aku berikan apa yang kau minta sekarang, mau?" Ya Allah ! tidak... tidak... hamba mohon ampun padaMu,  hamba tidak akan memaksaMu untuk mengabulkan permintaan hamba yang ini. hamba akan berusaha mencapainya dengan berusaha sungguh-sungguh dan tidak akan melupakan nikmat-nikmat yang telah Engkau berikan kepada hamba.
3) Ya Allah ! saat hamba minta ampun, berjanji tidak akan "ngedrel" dengan permintaan yang satu ini dan hamba tetap ingat semua nikmatMu yang hamba simpan sekarang, hamba seperti merasakan Engkau berbicara dengan hamba sekarang : "... Maka, untuk mempertahankan semua nikmat yang telah engkau terima, agar Aku tidak mengambilnya, SHOLATLAH dan POTONGLAH sebagian dari semua nikmat yang telah Aku berikan kepadaMu untuk kau berikan kepada fakir miskin atau yang membutuhkan.......". Ya Allah.... betapa luar biasanya ayat ini. ENgkau mengingatkanku untuk berusaha mendapatkan apa yang hamba inginkan dengan berusaha sungguh sungguh namun tidak melupakan semua nikmat yang telah Engkau anugerahkan sebelum ini. Engkau meminta hamba untuk mempertahan semua pemberianMu sebelum ini dengan  sholat dan memotong sebagian harta yang hamba punya (untuk shodaqoh dll). Terima kasih ya Allah. Insya Allah dengan bantuan kekuatanMu akan hamba laksanakan

(bersambung)

Sumber: Study Tafsir Ustadz Muhammad Sholahuddin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar