Jumat, 28 Juni 2013

SURAT AL KAAFIRUUN (bagian ke-3)

5. Lalu di dalam surat al ma'idah ayat 48, Engkau berfirman :
 "Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Qur'an dengan membawa kebenaran, membenarkan  apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu  ujian  terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka  menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka  dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat  di antara kamu,  Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah  menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak  menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat  kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya  kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu,..... (Sekarang, Engkau berpaling kepada kaum Muslimin, bahwa telah ENgkau turunkan Al Quran untuk kami, yang ada aturan sendiri. Engkau menyuruh kami untuk tetap menjunjung tinggi kebenaran yang ada dalam Al Quran)

6. Ya Allah !dari sebagian ayat di atas, firman MU : (".....Untuk tiap-tiap umat  di antara kamu,  Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah  menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak  menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu...... ) hamba merasa betapa besar penghargaanMu kepada pilihan yang dipilih oleh makhlukMu. Engkau begitu menghargai perbedaan manusia yang ada di dunia dalam memilih pilihan agama mereka masing-masing. Ya Allah ! bantu aku untuk mempunyai jiwa menghargai pilihan orang lain. Ya Allah ! Aku faham bahwa ternyata Engkau begitu sabar, tidak mengazab dengan segera manusia yang memilih jalan salah setelah Engkau berikan jalan yang terbaik namun ada yang tidak mau memilih jalan terbaik itu. Ya Allah ! bantu aku untuk tidak segera menghakimi seseorang yang salah, namun beri  hamba jiwa yang lapang agar mampu sabar menanti waktu seseorang bisa sadar terhadap kesalahan pilihannya dan beri hamba ilham untuk bisa mengajak orang lain ke jalanMu yang lurus.

7.Ya Allah ! setelah Engkau mengingatkan Pengikut Musa dengan Taurat, Pengikut Isa dengan Injil dan mengingatkan kami dengan Al Quran, Engkau menyuruh kami untuk : BERLOMBA LOMBA DALAM KEBAIKAN.........

(bersambung.........)

Sumber: Study Tafsir Ustadz Muhammad Sholahuddin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar