Sabtu, 22 Juni 2013

SURAT AN NASHR (bagian ke-6)

Ya Allah. untuk meraih 4 (empat) hal yaitu :
 - Ampunan
 - kesempurnaan nikmat
 - bimbingan ke jalan yg lurus
- selalu memperoleh pertolonganMu
hamba sudah berusaha memahami bagaimana cara memperoleh ampunan dan berusaha untuk ridho dengan semua ketentuanMU, apakah itu yang menimpa hamba baik atau buruk.
a) selanjutnya hamba ingin selalu mendapatkan bimbinganMu ke jalan yang lurus. Ya Allah ! di awal surat Yasin (36), Engkau memberikan isyarat kepada hamba bahwa :
1. Ada Al Quran yang penuh Hikmah, dan
2. Ada pribadi mulia, yaitu Muhammad saw, yang menjadi Rasul-Mu
Kemudian Engkau arahkan hamba untuk memahami bahwa apa yang ada pada keduanya (Al Quran dan pribadi Rasul) semua berada di shirotol mustaqim. Allah ! berarti kalau hamba mengucapkan kepadaMU Ihdinash Shirotol MUstaqim kemudian hamba hanya diam saja tidak mau menelaah Al Quran dan Hadis, darimana hamba bisa mendapatkan shirotol mustaqim?
b) Ya Allah ampuni masa lalu hamba, hamba terlalu terlena dengan dunia ini sehingga belum banyak isi alquran dan alhadis yang hamba fahami. Sehingga dengan kata lain, ucapan hamba minta ihdinash shirotol mustaqim belum maksimal mendapatkan hasilnya karena Alquran dan Al Hadis yang menjadi sumber Shirotol Mustaqim tidak hamba pahami.
c) Untuk itu ya Allah bantulah hamba, berikanlah kekuatan ke hati hamba agar mau menelaah alquran dan alhadis setiap harinya, sehingga tiada hari tanpa Memahamai Al Quran dan Al Hadis sebagaimana tiada hari tanpa Ihdinash shirotol Mustaqiem.
(bersambung......................................................)
Sumber: Study Tafsir Ustadz Muhammad  Sholahuddin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar