Rabu, 26 Juni 2013

SURAT AL KAAFIRUUN (bagian ke-1)

1   Qul Yaa Ayyuhal Kaafiruun
Katakanlah, hai Orang-orang kafir
2  Laa A'budu Maa ta'buduuna
3 Wa laa Anntum Aabiduuna Maa A'bud
Aku tidak akan menyembah apa yang kamu semua sembah
dan kamupun tidak akan menjadi penyembah apa yang aku sembah
4 Wa laa ana Aabidum Maa Abadtum
5 Wa laa Anntum Aabiduuna Maa A'bud..
dan akupun tidak akan menjadi penyembah apa yang kamu sembah
dan kamupun tidak akan  menjadi penyembah apa yang aku sembah.
6   Lakum diinukum Wa liyadiiin
Bagimu Agamamu dan bagiku agamaku

[QS.Al Kafirun: 1-6]

1)  Ya Allah ! ayat ini merupakan kalimat yang Engkau susun untuk hamba ucapkan. Nampaknya hamba harus belajar lebih banyak untuk menghayati kalimat demi kalimat. Hamba belum tahu sampai kapan  hamba berani mengatakan kalimat-kalimat yang kau ajarkan ini kepada orang-orang yang punya sembahan sendiri.
2)  Ya Allah ! hamba sering melihat di sekeliling hamba, ada beberapa orang muslim yang tidak berprinsip sebagaimana kalimat-kalimat yang Engkau ajarkan di surat ini, bahkan ada yang tidak tepat memakai prinsip ayat ini dalam kehidupan mereka, seperti ada seorang wanita muslim berani menikah dengan pria non muslim (walaupun Engkau jelas melarang di surat 2 ayat 221) dengan mengatakan yang penting memegang prinsip "lakum diinukum waliyadiin". Ada juga yang dengan alasan persahabatan mereka saling membantu menyiapkan sarana dan prasarana ibadah agama lain. Ada juga yang demi toleransi beragama (antara orang yang berbeda agama) saling mengucapkan selamat saat merayakan hari raya. Dua hal yang akhir ini sungguh membuat kami masuk dalam sebuah dilema antara melakukan pendekatan agar ayat-ayatMu sampai pada mereka dan antara memegang prinsip berdasarkan "pemahaman"  para guru kami.   Ya Allah bantu hamba dan kaum muslimin dimana saja berada untuk bisa  membedakan mana yang boleh kami kerjakan dan mana yang tidak boleh kami kerjakan.
3) Ya Allah ! dalam berhubungan dengan orang-orang non muslim terutama para AHLI KITAB, hamba jadi teringat dengan ayat-ayatMu di surat Al Ma'idah (5) ayat 44 s/d 48

(bersambung.................................)

Sumber: Study Tafsir Ustadz Muhammad Sholahuddin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar