Kamis, 20 Juni 2013

SURAT AN NASHR (bagian ke 4)

Ya Allah. untuk meraih 4 (empat) hal pertama :
- Ampunan
- kesempurnaan nikmat
- bimbingan ke jalan yg lurus
- selalu memperoleh pertolonganMu
hamba akan berusaha melihat satu demi satu, mudah-mudahan hamba mampu meraih semuanya.
Ya Allah untuk memperoleh ampunanMU, ternyata Engkau telah banyak terangkan di ayat-ayatMu di alquran ini, hamba merasakan :

a) untuk meraih ampunanMu, kami butuh merasakan bahwa Engkau Maha Pengampun dan kami harus ihlas dengan kesadaran diri meminta ampun kepada MU, sebagaimana engkau firmankan :
surat an nisa'(4) ayat 64 : ........Sesungguhnya jika mereka ketika menganiaya dirinya datang kepadamu, lalu memohon ampun kepada Allah, dan Rasul pun memohonkan ampun untuk mereka, tentulah mereka mendapati Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.
surat ali imran (3) ayat 135 & 136 : "Dan orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampunterhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu,sedang mereka mengetahui"
"Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka........."
surat Az zumar (39) ayat 53 :" Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas (isrof=boros) terhadap diri mereka sendiri (mendlolimi diri sendiri/berbuat dosa), janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang".

b) Ya Allah hamba merasakan di ayat lain bahwa engkau akan memberi ampunan kepada kami tanpa kami harus meminta, sebagaimana firmanMu :
surat an nisa' (4) ayat 31 : " Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu dan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia".

c) Ya Allah hamba juga merasakan di ayat lain bahwa engkau akan memberi ampunan kepada kami tanpa kami harus meminta, sebagaimana firmanMu :
surat Hud (11) ayat 114 : "Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang = subuh sampai maghrib) dan pada bahagian permulaan daripada malam (isya). Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu (sholat yang dilakukan dari subuh sampai isya') menghapuskan perbuatan-perbuatan yang buruk (dosa-dosa). Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat
YA ALLAH BETAPA RUGINYA HAMBA JIKA ENGKAU TELAH MEMBUKA PINTU TAUBATMU/ AMPUNANMU KEPADA 
KAMI TERNYATA SAAT INI KAMI BELUM MAU MENYADARINYA.
YA Allah betapa mudahnya kami mendapatkan ampunan dosa-dosa kami, sadarkan kami bahwa Engkau AL GHOFUUR dan AL GHOFFAAAR. hamba sadar dan hamba yaqin dengan ayat-ayatMu, bahwa sebenarnya tidak ada orang yang wafat membawa dosa kecuali ia tidak mau meminta ampun kepadaMU. Allah tambahi kesadaran kami
(bersambung..................................)
Sumber: Study Tafsir Ustadz Muhammad  Sholahuddin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar