Sabtu, 15 Juni 2013

SURAT AL LAHAB (Bagian 1)

  • a. Nama surat ini termasuk aneh. satu-satunya surat yang namanya diambil dari pribadi seseorang (dalam hal ini Abu Lahab) yang buruk. dan seluruh isi surat ini bercerita tenntang pribadi Abu Lahab dan Isterinya yang sama-sama buruk.
    b. Ada seorang teman yang berkelakar (mudah-mudahan Allah mengampuni kami dengan kelakar ini) bagaimana perasaan anak atau cucu Abu lahab jika bermakmum dengan Imam yang membaca ayat ini?)
    c. Ada juga teman yang memberikan masukan tentang kehebatan ayat ini. Pengecaman Allah terhadap Abu Lahab bahkan dicap sebagai penghuni neraka melalui ayat ini disampaikan oleh Allah kepada Rasulullah saat Abu Lahab masih hidup. Teman tadi berkata : Seandainya setelah ayat ini Abu Lahab beriman tentu seluruh ayat yang disampaikan oleh Rasulullah saw akan dianggap dusta. Masya Allah, walaupun Abu Lahab masih hidup lama setelah ayat ini turun namun dia tidak juga beriman. Subhanallah. Allahu Akbar. (Allah ampuni aku dan maafkan aku kalau poin "b" dan "c' yang kupaparkan ini salah dan sebaiknya tidak kuucapkan)
    d. Ya Allah! Engkau telah memberitahukan kepadaku beberapa Pribadi yang berprilaku buruk seperti Fir'aun, Haman, Samiriy. Kali ini Engkau beritahukan kepadaku pribadi yang buruk pula yang hidup se zaman dengan Rasulullah saw. pribadi itu Abu Lahab.
    e. Engkau memulai dengan FirmanMu (Tabbat Yadaa Abii Lahabiw watabb) bahwa Abu Lahab itu pribadi yang celaka dan ia benar-benar celaka. Ya Allah ! prilaku macam apa yang diperbuat Abu Lahab ini sehingga tidak ada celah sedikitpun bagi dia untuk terbukanya pintu hatinya
    f. Maa Aghnaa anhu Maaluhuu wa Maa Kasab (Hartanya dan Apa yang dia hasilkan/Anaknya, tidak akan membawa manfaat baginya). Ya Allah betapa tertutupnya hatinya sehingga lingkungan yang paling dekat dengan dia yaitu harta dan keluarganya tak mampu membuat hatinya terbuka. Ya Allah tolong beri ilham kepadaku seberapa maksiyatnya perbuatan Abu Lahab ini sehingga dia termasuk pribadi yang celaka dan lingkungannya tak sedikitpun bisa membawanya ke arah kebaikan. Allah ! jauhkan kami dari menjadi pribadi yang seperti ini.
    g. Sayash laa - Naaron zaata lahab ("dia pasti akan masuk neraka yang mempunyai lahab/lidah api"....... , sesuai dengan namanya). Ya Allah! bukan hanya di dunia dia celaka bahkan dia juga akan celaka di akherat. Ya Allah ! semakin banyak Engkau ceritakan tentang pribadi buruk Abu Lahab, kami semakin ingin tahun, apa yang diperbuat Abu Lahab sehingga menjadi pribadi buruk seperti itu dan tidak ada celah sedikitpun untuk bisa jadi baik.
    (bersambung.............................. )

    Sumber: Study Tafsir Ustadz Muhammad  Sholahuddin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar