Minggu, 15 September 2013

SURAT AL INSYIROH

SURAT AL INSYIROH

TULISAN INI  SEBAGAI JAWABAN PERTANYAAN REKAN KITA :

assalamu'alaikum,  bapak, dlm surat alam nasyrah kan artinya: melapangkan. bpk apa  fungsi  utama surat itu di turunkn utk kita? bpk sy memahami bhwa surat  itu adl nasehat Allah utk rasulullah kala itu. dimana besarnya  amanah/tanggung jwab yg d emban rasulullah dlm berdakwah agar beliau ttp  optimis & semangat. krn allah meninggikan derajatnya. sbgai  buktinny dlm klimat syahadat. gmn bpk?

jawaban :

Surat Al Insyiroh insya allah  berkaitan erat dengan surat adh dhuha, yaitu membantu kita untuk  berusaha bersama dengan Allah, apalagi saat punya persoalan.
Ya  benar apa yang mbak ummi sampaikan.

Kalau melihat apa adanya  ayat-ayat al insyiroh : Allah berbicara dengan kita via ayat-ayat ini :

(1) Bukankah saya sudah bantu kamu dan saat ini hati kamu tenang  terhadap masalah-masalahmu yang lalu ? (jawaban kita : benar ya Allah,  terima kasih).

(2 & 3) dan kamu juga merasakan beban yang menghimpit  pundakmu telah hilang (benar ya Allah, Engkau benar. terima kasih,  alhamdu lak)

(4) dan telah aku tinggikan "zikroka"/daya ingatmu (benar  ya Allah  ! dengan masalah yang lalu yang Engkau bantu menyelesaikannya,  hamba bertambah pandai. Ya Allah nampaknya Engkau ingin memberitau  hamba bahwa setiap masalah yang datang kepada hamba, pasti bantuanMu  juga datang. dan hamba pasti bertambah pandai dengan datangnya masalah  itu, Maha benar Engkau ya Allah).

(5 & 6) Maka sadarilah bahwa setiap  datang kepadamu kesulitan atau masalah, pasti akan datang pula bantuan  dari Ku (Maha benar Engkau ya Allah. Ada bantuanMu dan ada proses untuk  hamba menjadi lebih pandai dalam setiap masalah yang datang.

(7) Maka  jika kamu merasa suatu masalah sudah selesai, janganlah kamu menganggap  tidak ada masalah lagi yang datang. Bersiaplah kamu untuk menyongsong  masalah yang berikutnya (ok, Ya Allah. Hamba sadar bahwa hamba tidak  perlu khawatir dengan datangnya suatu masalah, karena itu semua adalah  konsekwensi hidup di dunia, terima kasih ya Allah)

(8) dan ketahuilah ,  jangan engkau lupa untuk selalu menyandarkan harapanmu kepadaKU (siap ya  Allah, hamba siap untuk menghadapi masalah yang akan muncul karena  hamba yakin dengan menyandarkan diri kepadaMU, engkau akan membantu  hamba. Bukan hanya masalah itu akan selesai, hamba juga akan bertambah  pandai dengan selesainya masalah itu


Sumber: Study Tafsir Ustadz Muhammad Sholahuddin
supported by: www.asmarasakinah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar