Rabu, 11 September 2013

SURAT AL- QOO RI'AH

SURAT AL- QOO RI'AH

1.   Hari Kiamat
2.   Apakah Hari Kiamat itu ?
3.   Tahukah kamu apakah hari kiamat itu ?
4.   Pada hari itu manusia seperti anai-anai yang bertebaran
5.   dan Gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan
6.   dan adapun orang yang berat timbangan (kebaikan)nya
7.   Maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan
8.   dan adapun orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya
9.   maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah
10. dan tahukah kamu apakah (hawiyah) itu ?
11. Api yang sangat panas

Ya Allah ! hamba sedang berkelana dari satu ayat ke ayat yang lain di juz 30 ini. Hamba sedang memulai untuk berdialog dengan Mu dari satu surat ke surat yang lain. di Surat ini hamba sedikit gemetar karena Engkau memberitahu hamba tentang  QOO RI AH (Kiamat, di kamus Al Munawwir bisa berarti : malapetaka  atau bencana). Hamba merasakan tidak ada sedikitpun berguna kekuatan yang dimiliki manusia saat kiamat itu terjadi. Manusia, bahkan gunung kalah oleh kekuatan dahsyat saat itu.
Ya Allah ! Terima kasih ! Al chamdu Lak ! nampaknya Engkau memberikan kesejukan dengan FirmanMu : "Orang yang Berat Timbangan Kebaikannya akan Hidup dengan kondisi  puas". (Ya Allah ! bantu kami, keluarga kami, sahabat-sahabat kami, guru-guru kami dan Seluruh kaum Muslimin dimana saja berada, agar termasuk dalam golongan ini).
Ya Allah hamba jadi teringat dengan tulisan yang lalu pada saat hamba membicarakan surat an nashr (& Al Fath) dimana banyak ampunan Mu yang Kau berikan secara gampang kepada kami.Pada surat 4 ayat 31 Engkau menjanjikan Ampunan bagi orang yang mau menjauhi dosa-dosa besar. Pada surat 11 ayat 114, Engkau sediakan ampunan bagi yang mau melaksanakan sholat dari subuh sampai Isya'. Pada surat 2 ayat 268, Engkau memberikan ampunan bagi yang mau shodaqoh. Betapa banyak ampunanMu yang berarti pengurangan terhadap beban dosa kami, sehingga amalan kebaikan kami menjadi lebih banyak. Ya Allah ! Kalau sampai hamba meninggal dengan tidak mampu memanfaatkan anugerahMu berupa Ampunan dari berbagai amalan yang seharusnya kami sempatkan untuk meraih itu, betapa ruginya hamba. Apalagi RasulMu pernah bersabda : "Bertaqwalah dimana saja kamu berada. IRINGILAH PERBUATAN BURUK(MU) DENGAN PERBUATAN BAIK, NISCAYA IA (PERBUATAN BAIK MU TADI)  AKAN MENGHAPUSNYA ( PERBUATAN BURUK yang sudah terlanjur kamu lakukan)..........".
Ya Allah ! hamba yaqin, kalau kami sebagai umat Islam menghargai apa saja yang Engkau tunjukkan kepada kami dalam Al Quran maupun Al Hadis, tentulah kami tidak akan menjadi orang yang ringan timbangan amal kebaikannya, yang menyebabkan NERAKA HAWIYAH sebagai tempat menetap. (NAUUDZU BILLAAH MIN DZAAALIK).


Sumber: Study Tafsir Ustadz Muhammad Sholahuddin
supported by: www.asmarasakinah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar