Rabu, 04 September 2013

SURAT AL ASHR (bagian ke -3)

d) Ya Allah ! apa yang hamba lakukan dari 3 hal di atas, ternyata belum cukup. Engkau mengarahkan hamba supaya saling nasehat-menasehati dalam kesabaran. Engkau benar ya Allah ! dalam kenyataan banyak orang berbuat baik namun ia menghancurkannya dengan ketidak sabarannya menghadapi kesulitan. Ada juga orang yang sabar, namun karena ia tidak menganjurkan lingkungannya untuk belajar sabar, ia harus menanggung juga resiko karena ketidaksabaran orang-orang di lingkungannya.
7) Ya Allah ! Segala puji bagimu, terima kasih hamba padaMU yang telah mengarahkan hamba untuk menuju menjadi pribadi yang baik. Lewat ayat-ayat surat AL ASHR ini hamba akan selalu belajar menjadi orang yang beruntung (tidak merugi) dalam kehidupan.
8) Ya Allah ! melalui ayat ini, nampaknya hamba harus mengingatkan diri hamba tentang perlunya memanfaatkan waktu sekarang ini sebelum datang waktu senja (asar), dimana saat itu penurunan kwalitas badan sudah mulai nampak sehingga berbuat baik tidak bisa maksimal. Hamba juga harus mengingatkan anak-anak hamba, lingkungan hamba agar benar-benar memanfaatkan waktu muda. Namun hamba juga harus mengingatkan sahabat-sahabat hamba, bahwa bukan berarti orang yang sadar di usia "tua" tidak ada artinya. Karena Rasulullah dan para sahabatpun mengenal Islam di usia 40 an. Artinya tidak ada kata terlambat untuk belajar Islam di usia apapun.  Hamba juga harus mengingatkan bahwa latar belakang apapun yang dialami orang, bahwa masa kecilnya tidak belajar di sekolah agama, bukan merupakan hambatan untuk belajar di hari tua, asalkan bisa memanfaatkan waktu yang masih dipunyainya. Karena Ya Allah hamba tahu, Rasulullah dan Para sahabatpun masa kcilnya tidak pernah masuk TPQ (Taman Pendidikan Al Quran), juga tidak pernah merasakan Madrasah apapun baik Ibtidaiyyah (MI/SD-Islam/SD-IT), juga tidak pernah masuk Tsanawiyah (SMP Islam) apalagi masuk ALiyah (SMA ISLAM). Walaupun latar belakang Rasulullah dan Para sahabat  bukan pendidikan Islami, namun mereka semua mau belajar Islam dengan sungguh-sungguh.
Ya Allah ! hamba harus sadar dan menyadarkan lingkungan hamba agar memanfaatkan waktu yang masih ada sebelum datangnya masa tua renta.

Sumber: Study Tafsir Ustadz Muhammad Sholahuddin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar