Senin, 09 September 2013

SURAT AT- TAKAASUR (bagian ke-1)

SURAT AT- TAKAASUR (bagian ke-1)

1. Bermegah-megahan telah melalaikan kamu.
2. sampai kamu masuk ke dalam kubur
3. Janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu)
4. dan janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui
5. Janganlah begitu, jika kamu mengetahui dengan "ilmul Yaqiin"
6. niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka Jahiim
7. dan sesungguhnya kamu benar-benar akan melihatnya dengan `ainulyaqin,
8. kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang telah kau nikmati)

Ya Allah !  Terjemahan "attakasur" yang berarti bemegah-megahan menyebabkan ayat ini berarti bermegah-megahan telah melalaikan kami. di dalam kamus bahasa arab tertera bahwa "at takasur" berarti berlomba-lomba memperbanyak sesuatu.
Ya Allah! apapun makna at takasur ternyata inilah awal dari lupanya seseorang kepadaMU. Hidupnya hanya tertuju pada persaingan dalam memupuk harta dan kekayaan dan bangga bila mampu menyaingi lainnya. Ya Allah telah hamba perhatikan beberapa perkataan ulama salaf yang menjelaskan bahwa pada masa ayat ini turun, di Makkah banyak orang-orang yang mengejar kekayaan yang berlebih kemudian membanggakannya di depan orang bahwa dia lebih segalanya dibandingkan dengan rivalnya
Ya Allah ! berlomba untuk mendapatkan banyak harta, ilmu dlsb, hamba yakin ini bukan larangan. Karena "perlombaan" akan membuat kita ada semangat untuk berjuang. Hamba yakin Engkau hanya memberikan "warning"/peringatan pada umumnya (perjalanan hidup manusia) "at takasur" ini menjadi pemicu jauhnya pelakunya dariMU. Terima kasih ya Allah! Engkau telah mengingatkan kami agar berhati-hati dalam perlombaan ini.
Ya Allah ! Apalagi Engkau telah mengingatkan kami, banyak manusia yang bersaing dalam meningkatkan harta dll,  namun berujung pada tidak ada waktu untuk mendekatkan diri kepadaMU, mereka baru sadar setelah berada dalam kubur.
Ya Allah Engkau mengingatkan hamba, agar benar-benar waspada pada perilaku "takasur". dan Engkau memberitahu hamba bahwa hamba akan benar-benar melihat akibat perilaku "takasur" jika hamba melihat dengan "ILMUL YAQIN", bahwa akibat perilaku "takasur" banyak ang berakhir ke neraka jahannam. Ya Allah bantu hamba agar hamba mampu melihat dengan menggunakan "ILMUL YAQIN".
(bersambung........................................... )

Sumber: Study Tafsir Ustadz Muhammad Sholahuddin
supported by: www.asmarasakinah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar