Senin, 07 Oktober 2013

bekal untuk menghadapi permasalahan dunia bagian 7 (SURAT AL BALAD bagian 7)

AYAT 12 : Tahukah kamu apakah jalan yang mendaki lagi sukar itu?

TERJEMAHAN BEBAS :

APAKAH KAMU SENDIRI TAHU, APAKAH JALAN MENDAKI ITU, MAKSUDKU APAKAH KAMU TAHU MANFAAT JALAN MENDAKI ? (DIBANDING JALAN DATAR ?)}

Hamba : Ya Allah ! hamba berusaha untuk memahami pertanyaanmu ini:

- Jika hamba naik ke atas maka pemandangan yang hamba lihat akan lebih luas daripada hamba berada di bawah

- Jika kedudukan hamba lebih pandai dari orang lain karena maunya hamba bersusah payah, membaca dan berdiskusi, maka hamba akan bisa membantu orang lain lewat ilmu hamba

- Jika hamba bergerak di bidang usaha, dengan kerja giat, banyak membaca dan diskusi tentu penghasilan hamba akan lebih meningkat. Hamba akan lebih kaya dibanding yang lain.

AYAT 13 : melepaskan budak dari perbudakan

Hamba : Engkau benar ya Allah, kalau posisi hamba lebih baik maka hamba akan mudah melepaskan orang lain dari pekerjaan mereka yang tidak berkembang (seperti budak) menuju keadaan yang lebih baik.

AYAT 14 : atau memberi makan pada hari kelaparan

Hamba : engkau juga Benar ya Allah, jika hamba lebih mampu dari orang lain, tentu hamba akan punya sesuatu yang bisa hamba simpan untuk kebutuhan saat datangnya masa "sulit" di lingkungan hamba. Hamba ingat cerita Nabi-MU Yusuf as. yang mampu menyimpan sesuatu untuk "penjagaan" saat datangnya masa "kekurangan"

AYAT 15 : anak yatim yang ada hubungan kerabat
AYAT 16 : atau orang miskin yang sangat fakir

Hamba :Sekali lagi Engkau Maha Benar ya Allah. Saat hamba berada di atas, hamba pasti akan mudah menolong orang-orang yang di bawah. Insya Allah, hamba akan perhatikan ayat-ayat-Mu semua, terutama ayat yang sedang hamba pelajari ini. Segala puji bagi-MU ya Allah, terima kasih yang sebanyak-banyaknya.

Jika hamba tidak sungguh-sungguh, tidak mau bekerja keras menghilangkan kemalasan hamba dalam hidup ini, jika hamba tidak mau banyak membaca yang ada hubungannya dengan profesi hamba, jika hamba tidak mau berdiskusi dengan orang lain yang seprofesi dengan hamba, tentunya kedudukan hamba akan tetap di bawah dan tentu tidak akan bisa menolong orang-orang yang membutuhkan pertolongan.

(bersambung.................)

Sumber : Lebih Dekat Kepada Allah Via Alquran 2


Salam Sakinah,
www.asmarasakinah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar