Rabu, 02 Oktober 2013

bekal untuk menghadapi permasalahan dunia bagian 2 (SURAT AL BALAD bagian 2)

Hamba : Ya Allah ! kadang hamba melihat atau mendengar orang mengeluhkan kondisinya tidak berubah padahal ia sudah mau bersusah payah dalam segala urusan

AYAT 5. Apakah manusia itu menyangka bahwa sekali-kali tiada seorangpun yang berkuasa atasnya?

TERJEMAHAN BEBAS :

MENGAPA DIA MENYANGKA BAHWA TIDAK ADA DZAT LEBIH KUAT DARINYA (YANG SIAP MENAMBAH TENAGA DAN MEMBANTUNYA)

Hamba : Astaghfiruka ya Allah (aku mohon ampun pada-Mu ya Allah). ternyata "prinsip bersusah payah" itu baru prinsip yang pertama, masih ada prinsip yang lain yang harus dipegang.

Hamba : Ternyata Engkau berharap kepada kami, di ayat ini, agar disamping mau bersusah payah, kami harus juga mau menggandeng Engkau. Berbuat bersama dengan Engkau.

AYAT 6. ia mengatakan: "Aku telah menghabiskan harta yang banyak".

TERJEMAHAN BEBAS :

BAHKAN IA MENGATAKAN : "BERAPA BANYAK BIAYA YANG AKU KELUARKAN DALAM MASALAH INI" (namun mengapa masalahnya tidak segera tuntas)

Hamba : hamba merasakan ya Allah ! berapa banyak orang begitu yakin dengan hartanya itu ia mampu menyelesaikan masalah apapun. Padahal sudah banyak pula orang menjadi stress melihat hartanya habis namun masalah yang ia hadapi belum juga akan tuntas

AYAT 7. Apakah dia menyangka bahwa tiada seorangpun yang melihatnya?

TERJEMAHAN BEBAS :

APAKAH IA MENYANGKA TIDAK ADA ZAT YANG MELIHATNYA (YANG SIAP MEMBANTUNYA?)

Hamba : SUBHAANAKA (Maha Suci Engkau) ya Allah ! Berapa banyak diantara kami, orang yang ketika masalah datang kepadanya, ia tidak merasakan bahwa Engkaulah yang mengujinya dengan mendatangkan masalah itu padanya. Ia tidak merasakan Engkau hadir bersamanya sebelum masalah itu datang dan saat masalah itu datang. Ia juga tidak merasakan Engkau siapkan tangan-Mu dengan bantuan-Mu yang menjadikan masalah itu akan cepat selesai.

Hamba : Ya Allah ! hamba ingin bertanya. Bukankah banyak diantara kami dalam setiap masalah mereka tetap mengikut sertakan Engkau dengan berdoa kepada Engkau, dan selalu mengharapkan Engkau mengulurkan bantuan kepadanya, apakah ini bukan pertanda bahwa ia mengikut sertakan Engkau dalam menyelesaikan masalahnya?

(bersambung .......................................)


Sumber : Lebih Dekat Kepada Allah Via Alquran 2

Salam Sakinah,
www.asmarasakinah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar